5 Hal yang Bisa Naikkan Berat Badan saat Lebaran

Berat Badan saat Lebaran

Hari Lebaran identik dengan makanan enak dan berlimpah, sayangnya masih sedikit dari kita yang menyadari bahwa makanan tersebut mengandung kalori tinggi. Akibatnya, karena hilang kontrol, berat badan kita pun malah makin tak terkendali.

Untuk mencegah hal semacam itu terjadi, kamu harus hati-hati sejak dini dan memperhatikan beberapa hal yang mungkin luput dari perhatian.

1. Makan terlalu banyak kue
Kue kering yang disajikan ketika lebaran kelihatannya sedikit dan tidak berpengaruh buat bentuk tubuh kamu, namun ternyata makanan yang satu ini turut berkontribusi membuat angka dalam timbangan bergeser terus ke kanan. Kamu nggak perlu menghindari kue kering jika belum terbiasa, cukup batasi jumlah yang masuk ke dalam mulut dan imbangi dengan makanan lain yang lebih sehat.

2. Mulai jauhi soda dan sirup
Kala cuaca cukup terik, pasti keinginan kamu untuk membuat soda dan sirup yang ditambah es batu malah semakin meningkat, namun ternyata dua minuman ini juga bisa membuat berat badan kamu meningkat. Solusinya, gantilah dengan air putih yang jauh lebih sehat dan bermanfaat ya!

3. Makanan tinggi karbohidrat dan kolesterol
Opor, rendang, ketupat, hingga peyek adalah salah satu perpaduan makanan yang paling ditunggu-tunggu, namun kamu jangan sampai kalap dan malah mengabaikan tubuhmu yang kekenyangan dan terus makan karena lapar mata. Kamu tidak harus menolak makan semuanya, hanya saja kamu harus pintar-pintar memilah komponen makanan dalam piringmu beserta jumlah yang dikonsumsi.

4. Kebiasaan mager
Salah satu kebiasaan yang sulit dihilangkan adalah mager alias malas gerak, ini biasa terjadi kala kita sudah merasa kenyang atau tidak memiliki kegiatan lain kecuali nonton dan tiduran. Mulai sekarang, kamu harus menghindari kebiasaan ini supaya tubuhmu tetap sehat dan terjaga, tidak mesti jauh-jauh ke gym, kamu bisa bergerak dengan mencontoh olahraga yang ada di YouTube.

5. Tidak selektif dalam memilih camilan
Sudah hobi tidur-tiduran, camilan yang kamu pilih tinggi kalori pula. Jangan sampai hal itu terjadi, meski akan banyak sekali godaan makanan enak kala hari raya, kamu juga harus tetap mengonsumsi sayur dan buah sebagai asupan sehat bervitamin.

Meskipun saat Hari Raya nanti akan ada banyak makanan tersaji baik di ruang tamu maupun meja makan, bukan berarti adalah saat yang tepat untuk balas dendam setelah satu bulan berpuasa, ya!

Tinggalkan Balasan