5 Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Diketahui

Sakit Pinggang

Sakit pinggang sebenarnya tidak boleh diabaikan begitu saja karena faktanya hal ini bisa mengindikasikan penyakit serius. Apalagi bila sakit pinggang terus terasa dan tidak sembuh-sembuh. Biasanya sakit pinggang terjadi pada orang-orang yang telah mencapai usia paruh baya, namun bukan tak mungkin sakit pinggang terjadi pada orang-orang muda. Nah berikut 5 penyebab kenapa pinggang bisa terasa sakit, inilah ulasannya!

1. Keseleo atau otot menegang
Salah satu penyebab sakit pinggang adalah karena keseleo otot atau penegangan otot. Hal ini bisa saja terjadi karena cidera saat olahraga atau beban yang berlebihan secara terus-menerus. Nah sakit pinggang karena cidera ini bisa diatasi dengan cara pemberian obat antiiflamasi dan dengan istirahat total. Namun selain itu bisa juga dibarengi dengan terapi fisik bila diperlukan.

2. Hamil
Ketika hamil, sangat wajar pinggang terasa sakit. Hal ini disebabkan berat badan yang naik dan pengaruh hormon sehingga ligamen pada sendi panggul mengendur untuk persiapan lahiran. Nah agar pinggang tidak terlalu sakit, maka usahakan jaga postur tubuh dengan baik dengan tidur dalam posisi miring, gunakan sepatu flat, dan rajin berolahraga ringan.

3. Arthritis
Arthritis pada pinggang biasanya disebabkan karena osteoarthritis yang merupakan kerusakan pada tulang rawan di daerah pertemuan antara tulang dan sendi. Rasa sakit pada pinggang ini akan menjalar di sepanjang garis pinggang. Nah untuk meyakinkan adanya penyakit ini biasanya diperlukan tes rontgen, MRI atau ultrasound.

4. Gangguan pada kaki
Ketika terjadi masalah pada kaki, biasanya pinggang akan terasa sakit juga. Hal ini disebabkan kaki merupakan penopang tubuh. Selain itu ketika kaki bermasalah, cara berjalan bisa jadi terganggu dan menyebabkan berbagai masalah lain seperti sakit pinggul dan lutut misalnya. Oleh sebab itu ada baiknya sembuhkan kakimu terlebih dahulu agar tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya dan menyebabkan sakit.

5. Endometriosis
Endometriosis merupakan suatu kondisi dimana lapisan di dinding rahim tumbuh di luar rahim atau tak sewajarnya. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada pinggang. Pada kondisi yang normal, lapisan dinding pada rahim ini biasanya terjadi penebalan karena darah dan harus dibuang yang disebut menstruasi. Pada endometriosis lapisan jaringan yang berada di luar rahim ini tidak bisa dikeluarkan dari tubuh dan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan pada tubuh. Pengobatan yang tepat hanya bisa dilakukan dengan cara operasi.

Bagaimana? sudah pada tahukan penyebab sakit pinggang.

Tinggalkan Balasan