Cara Paling Mudah Mengurangi Rasa Kecanduan Gadget

Kecanduan Gadget

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, rasanya terasa sulit bagi kita untuk menjauhkan diri dari penggunaan gadget. Apalagi sekarang ini banyak hal yang bisa anda peroleh dari kecanggihan gadget ini. Tetapi secara sadar ataupun tidak sadar ternyata membuat seseorang menjadi individualistis. Saat berkumpul pun keakraban menjadi kurang terasa hanya karena semuanya saling sibuk dengan gadget yang dimiliki. Hal ini tentunya menjadi salah satu contoh bahwa anda sudah kecanduan dengan hadirnya gadget.

Meskipun melalui ruang internet anda bisa memperoleh semua hal yang sedang anda butuhkan informasinya. Jika penggunaan gadget itu berlebihan pastinya bisa membuat anda justru merasa lebih kecanduan. Rasanya seakan ada yang kurang saat anda tidak memegang gadget. Lantas bagaimana caranya supaya anda bisa mengurangi rasa kecanduan ketika bermain gadget? Inilah berbagai macam cara yang bisa anda lakukan yakni:

1. Notifikasi semua aplikasi perlu dimatikan

Tentunya rasa ingin tahu yang ada pada diri kita bisa muncul ketika ada sebuah notifikasi yang berasal dari aplikasi tertentu. Kebanyakan orang akhirnya menghabiskan waktu yang mereka miliki hanya untuk membuka aplikasinya. Bahkan dari sini akhirnya mereka semakin nyaman dengan aplikasi tersebut.

Hingga akhirnya notifikasi yang berasal dari aplikasi lainnya pun ikut berdatangan. Inilah yang bisa membuat anda membuang banyak waktu hanya untuk kegiatan seperti ini. Alangkah baiknya kini semua notifikasi pada gadget anda matikan sehingga anda pun tidak akan merasa kecanduan untuk sering memegang gadget.

2. Internet perlu di nonaktifkan sementara waktu

Ketika anda sedang bekerja sudah seharusnya anda menonaktifkan notifikasi internetnya. Hal ini bisa membuat anda merasa focus dalam bekerja sehingga tidak merasa ketergantungan dengan penggunaan gadget. Pekerjaan anda pun bisa selesai dalam jangka waktu yang lebih cepat tentunya. Jika semua pekerjaan sudah selesai, kini internet pun sudah bisa anda aktifkan kembali.

3. Menghapus aplikasi yang membuat kecanduan

Pastinya anda sudah mengerti jika social media menajdi salah satu aplikasi yang bisa membuat banyak orang merasa kecanduan dengan gadget. Dari ini anda bisa menghapus beberapa social media yang bisa membuat anda merasa penasaran sekali dengan dunia luar. Dengan begitu anda pun kini sudah tidak kecanduan lagi dengan gadget yang anda miliki. Bukan berarti anda tidak diperbolehkan menggunakannya. Hanya saja untuk penggunaannya ada batasan tertentu sehingga anda perlu mempertimbangkan dengan baik.

4. Melakukan beragam kegiatan menyenangkan

Melepaskan diri dari rasa kecanduan terhadap gadget sebetulnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mengingat banyak sekali kegiatan lain yang terbilang menyenangkan tanpa kehadiran gadget sekalipun. Kini anda bisa melakukan aktivitas memasak, membersihkan rumah, menonton film maupun keseruan lain yang bisa anda lakukan tanpa gadget.

Jangan membuat diri anda semakin kecanduan dalam penggunaan gadget. Sudah saatnya kini anda melakukan pembatasan dalam penggunaannya agar pekerjaan yang kita miliki segera terselesaikan. Sebetulnya bukan hal yang sulit bagi kita untuk mengurangi rasa kecanduan terhadap penggunaan gadget.