4 Makanan Khas Papua Paling Unik, Jangan Lupa Mencicipi

Makanan Khas Papua

Makanan Khas Papua – Papua tentunya pulau yang letaknya berada di bagian paling timur Indonesia. Namun siapa sangka keindahan alamnya mampu memikat para pengunjung. Tentunya wisata bahari Raja Ampat menjadi salah satu tujuan wisata yang telah terkenal. Pastinya siapapun yang berkunjung ke sana bakalan kagum dengan sejuta pesona yang telah tersedia. Tak hanya tempat wisata saja yang menarik, namun makanan khas Papua ini juga terkenal unik dan lezat.

Jadi buat anda yang sudah berkesempatan pergi ke Papua, alangkah baiknya mencoba beberapa kudapan lezat yang ada disana. Jangan sampai merasa menyesal hanya karena tidak sempat mencoba kuliner lezatnya. Inilah beberapa makanan khas Papua yang menarik anda cicipi, yakni:

1. Papeda

Kali ini anda perlu mencicipi masakan lezat yang namanya papeda. Dimana makanan yang satu ini memang khas dari Papua. Bahan utama yang biasanya dipergunakan ternyata dari sagu. Sebelumnya sagu tersebut diolah hingga menjadi bubur dengan teksturnya yang terbilang lengket seperti halnya lem. Dari segi rasa memang terbilang hambar. Apalagi papeda ini paling nikmat jika anda konsumsi dengan ikan yang sudah diolah menjadi sebuah makanan yang berkuah. Biasanya untuk ikannya menggunakan tongkol kemudian di masak dengan kuah kuning.

2. Udang selingkuh

Siapa yang tidak tertarik dengan sajian kuliner unik yang namanya udang selingkuh ini. Siapapun tentunya merasa penasaran dengan kudapan lezat yang satu ini. Dari bentuk badannya memang udang hanya saja untuk capitnya ini layaknya kepiting. Wajar saja jika di namakan dengan udang selingkuh. Udang kali ini memang populer sekali di Papua Barat. Bahkan udang tersebut biasanya pengolahannya dengan cara direbus, digoreng bahkan bisa juga dengan dibakar.

3. Martabak sagu

Kali ini makanan khas Papua tergolong menarik sekali. Dimana martabaknya bukan seperti martabak pada biasanya. Kali ini bahannya memang berasal dari sagu. Dimana sagunya ini bisa anda goreng bahkan ditambah juga dengan saus yang berasal dari gula merah. Dari sini tentunya rasa makanan pun semakin lezat dan manis. Bukan hanya rasa saja yang berbeda ternyata bentuknya pun juga berbeda. Dimana siapapun yang mencicipi kuliner tersebut pastinya akan merasa ketagihan.

4. Ikan bakar manokwari

Ada lagi makanan khas Papua yang tidak boleh anda lewatkan yaitu ikan bakar manokwari. Ikan yang biasanya dipergunakan adalah ikan tongkol. Uniknya cita rasa dari ikan bakar yang satu ini bisa membuat siapapun terpikat. Tentunya ikan bakar ini bukan hanya enak saja namun mampu membuat selera makan anda semakin bertambah. Apalagi jika anda mengkonsumsinya dengan sambal pedas tentuya bakalan terasa semakin nikmat.

Itulah tadi beberapa pilihan resep makanan khas Papua yang terbilang lezat dan juga nikmat. Pastinya siapapun akan merasa tertarik dengan kudapan lezat ini. Mengapa harus merasa bingung jika anda mampu mencicipi beragam kudapan lezat khas dari Papua ini.