4 Penjelasan Singkat Mengenai Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Sejarah Kerajaan Sriwijaya – Mempelajari sejarah tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika anda bisa mengetahui sejarah dari sebuah kerajaan. Salah satunya Sejarah Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan yang satu ini menjadi salah satu kerajaan Budha yang ada semenjak abad ke 7. Hal ini terbukti berkat adanya sebuah prasasti kedukan Bukit yang berada di kota Palembang. Tentu saja kerajaan yang satu ini terbilang salah satu kerajaan kuat yang berada di Pulau Sumatera.

Kerajaan Sriwijaya ini ternyata telah Berjaya ketika abad yang ke 9 hingga 10 Masehi. Dimana kerajaan mampu menguasai daerah perdagangan maritim yang berada di daerah Asia Tenggara. Bisa dikatakan jika kerajaan ini memang mampu mengendalikan sebuah rute perdagangan local dengan bea cukai untuk semua kapal yang sudah lewat.

Namun sayang, dibalik masa kejayaannya ini Kerajaan Sriwijaya mengalami masa keruntuhan ketika kerajaan di bawah pimpinan Raja Rajendra Chola. Kala itu kerajaan Sriwijaya mendapatkan sebuah serangan dari penguasa Kerajaan Cholamandala. Sehingga akibat peperangan yang terjadi ini menjadikan kerajaan Sriwijaya semakin melemah. Sehingga kerajaan tersebut akhirnya harus runtuh pada abad yang ke 13.

Setiap kerajaan tentunya mempunyai peninggalan tersendiri yang membutikkan bahwa kerajaan tersebut pernah ada. Seperti halnya sejarah Kerajaan Sriwijaya yang sudah memberikan berbagai macam peninggalan seperti berikut ini:

1. Prasasti Kedukan Bukit

Kini salah satu peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya yang harus anda ketahui tentunya prasasti Kedukan Bukit ini. Prasasti yang satu ini berhasil ditemukan pada tahun 638 Masehi. Bahkan prasasti tersebut juga berisikan ekspansi selama 8 hari yang sudah dilakukan oleh Dapunta Hyang dengan tentara sejumlah 20.000 ini mampu menaklukan berbagai daerah. Inilah mengapa kerajaan Sriwijaya bisa hidup dengan makmur.

2. Prasasti Talang Tuo

Dari sejarah Kerajaan Sriwijaya yang sudah ada, ternyata prasasti ini telah ditemukan pada abad yang ke 684 Masehi. Tepatnya berada di bagian barat kota Palembang. Prasasti tersebut berisikan mengenai Dapunta Hyang Sri Jayanaga yang sudah membuat Taman Sriksetra demi sebuah kemakmuran semua makhluknya.

3. Prasasti Kota Kapur

Prasasti yang bertuliskan tepatnya tahun 608 Masehi ini ternyata sudah ditemukan di Bangka. Bahkan dari isinya ternyata ada kaitannya dengan sebuah permohonan yang ditujukan kepada Dewa demi keselamatan Kerajaan Sriwijaya itu sendiri sekaligus keselamatan para rakyatnya.

4. Prasasti Talang Batu

Ternyata ada lagi hasil peninggalan kerajaan Sriwijaya yang lainnya yakni prasasti Talang Batu. Dimana prasastinya berada di Palembang. Hanya saja untuk tahunnya tidak tersedia. Dalam prasasti yang satu ini berisikan sebuah kutukan akan pelaku kejahatan yang sudah melanggar perintah dari rajanya.

Kini pastinya anda mengerti sedikit cerita tentang sejarah Kerajaan Sriwijaya ini. Semoga saja dengan sedikit penjelasan di atas mampu menambah ilmu anda tentang sejarah sebuah kerajaan. Dimana kini anda mengerti bagaimana awal mulanya hadir Kerajaan Sriwijaya ini, selengkapnya https://kalimat.id.